Aneka Jenis Makanan Penurun Berat Badan

5 min read

Makanan Penurun Berat Badan

Makanan Penurun Berat Badan – Kelebihan berat badan terutama bagi kaum perempuan merupakan problem besar, karena akan mengganggu penampilan. Padahal sebenarnya jauh lebih penting dari sekedar mengganggu penampilan, kelebihan berat badan mengandung resiko lebih besar untuk munculnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, darah tinggi, jantung koroner dan beberapa penyakit lainnya. Maka menurunkan berat badan agar mencapai berat ideal, seharusnya menjadi tujuan banyak orang yang berkelebihan berat badan.

Cara menurunkan berat badan ada dua prinsip yaitu rajin berolah raga dan harus pintar memilih makanan penurun berat badan yang aman dan sehat.

Aneka Jenis Makanan Penurun Berat Badan

Berbicara mengenai bagaimana menguruskan badan sesuai petunjuk Nabi SAW, maka sebenarnya perlu dipahami bahwa inti dari program menurunkan berat badan adalah diet, yang maksudnya adalah menjaga perut kita dari makanan yang tidak perlu, jadi bukan dengan memberikan obat yang bertujuan mengurangi nafsu makan, karena orang kadang-kadang kurang nafsu makan tapi tetap saja memakan segala makanan yang ditemui. Mungkin hal ini karena ada stress yang dilampiaskan lewat makan.

Baca juga: Tanaman Obat Untuk Pelangsing Alami

Ada juga obat yang diminum untuk mencegah penyerapan makanan, lalu yang terjadi adalah orang tetap banyak makan tapi berat badan tidak naik, ini artinya makanan yang dimakan hanya bertujuan untuk memuaskan nafsu saja dan kemudian dibuang percuma, tentu saja ini adalah perbuatan mubadzir yang dilarang agama.

Diet Secara Islami
Diet juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Menurunkan berat badan juga tidak bisa dilakukan secara drastis seperti yang banyak ditawarkan di beberapa salon-salon di Jakarta, suatu tawaran yang menyesatkan karena tidak mempunyai dasar yang jelas. Program menurunkan berat badan yang banyak ditawarkan di beberapa klinik harus dilanjutkan dengan diet dan pengobatan lain.

Baca Juga  Inilah Makanan Sehat Penunjang Diet

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam program menurunkan berat badan yang sesuai kaidah-kaidah Islami, antara lain :

Inti dari program menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan bahan makanan tertentu tanpa menurunkan fungsi tubuh. Nabi SAW bersabda pula : ”Perut adalah tempat berdiamnya penyakit dan menahan nafsu (diet) adalah pokok dari setiap obat, maka jadikanlah ini kebiasaanmu”.

Dari hadist ini Rasulullah SAW menganjurkan kita semua untuk makan sedikit meskipun kita tidak kegemukan, yang tentu saja tujuannya untuk mencegah kegemukan. Meskipun kebanyakan orang yang kegemukan merasa dirinya makan hanya sedikit tapi para dokter tetap saja meyakini bahwa ada kelebihan asupan makanan tertentu yang menyebabkan kalori yang berlebih itu disimpan dalam bentuk lemak. Memang sebagian orang menderita penyakit tertentu yang menyebabkan gangguan metabolisme tubuh yang berakhir dengan kegemukan, akan tetapi hal ini jarang terjadi.

  • Lakukan olah raga rutin yang bertujuan untuk membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot dan menjaga fleksibilitas persendian yang tentu saja akan mencegah terjadinya penyakit rematik. Sebaiknya lama olah raga dimulai 10 menit dan ditingkatkan terus sampai 40 menit per hari, dengan frekwensi minimal 3 X per minggu. Olah raga juga bertujuan untuk memacu jantung dan membakar lemak yang seringkali menyelimuti jantung orang yang kegemukan.
  • Dianjurkan pula makan ikan, brokoli dan kembang kol yang kesemuanya ini diyakini mengandung anti oksidan sehingga membantu mengatasi radikal bebas. Seperti diketahui bahwa radikal bebas sangat berperan terhadap timbulnya berbagai penyakit metabolik seperti kencing manis, liver, jantung dan ginjal. Pada beberapa kasus kegemukan radikal bebas juga berperan dalam hal mengganggu metabolisme lemak.
  • Minumlah teh hijau 2X sehari dan hindari minuman cola dan juga kopi, karena minuman cola dan kopi banyak yang mengandung caffein . Sementara teh hijau banyak mengandung zat bioflavonoid yang merupakan anti oksidan yang ampuh.Tambahkan kacang kedelai yang banyak mengandung protein, asam lemak jenuh dan fitoestrogen.
Baca Juga  5 Pemicu Katarak Sekunder Yang Harus Diwaspadai

Makanan Penurun Berat Badan

Makanan Penurun Berat BadanSelain itu, hal yang tak kalah pentingnya dalam melaksanakan program penurunan berat badan adalah memilih makanan yang tidak saja sehat, tapi juga memungkinkan untuk membantu menjaga agar berat badan tetap ideal. Nah, untuk makanan penurun berat badan, ada beberapa jenis yang mungkin bisa dipilih buat mereka yang ingin menghilangkan obesitas di tubuhnya tanpa menimbulkan bahaya kesehatan. Beberapa makanan yang boleh dicoba antara lain :

1. Ikan Sarden

Ikan ini banyak mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang sangat bagus untuk kesehatan jantung serta menurunkan kadar gula dalam darah dan bisa mensukseskan program penurunan berat badan. Namun ikan ini termasuk yang jarang ada di pasaran, karena lebih banyak dalam bentuk makanan kalengan.

2. Daging Sapi

Pilihlah daging sapi terutama yang pemakan rumput. Karena sapi pemakan rumput bisa menghasilkan daging yang kadar proteinnya lebih tinggi. Ini akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga nafsu makan banyak bisa dikontrol. Namun memilih daging sapi yang sapinya pemakan rumput tidaklah mudah.

3. Teh Hijau

Banyak pelaku diet telah membuktikan kegunaan teh hijau untuk melangsingkan tubuh. Daun teh hijau mengandung antioksidan dan meningkatkan kesehatan jantung, mengatur pencernaan, gula darah dan suhu badan serta mempercepat pembakaran lemak hingga mampu menurunkan berat badan sampai pada berat yang diinginkan.

4. Buah Labu

Banyak mengandung serat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus teman yang baik untuk mengurangi kelebihan berat badan menuju pada titik yang ideal. Buah ini merupakan makanan penurun berat badan yang sangat murah harganya serta mudah untuk memasaknya.

5. Buah Anggur

Anggur bisa dimakan begitu saja atau dibuat jus dan minuman lain. Banyak penelitan yang mengatakan buah ini merupakan makanan yang paling bagus untuk menghancurkan lemak di dalam tubuh.

Baca Juga  Tips Sehat Hindari Makanan yang Berlemak

6. Alpukat

Ada yang mengatakan bila alpukat adalah termasuk jenis sayuran. Namun pendapat lain mengatakan bila alpukat adalah buah. Alpukat banyak mengandung vitamin E yang juga sangat bagus untuk membantu program penurunan berat badan jika dikonsumsi secara teratur.

7. Brokoli

Merupakan jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga kol. Sangat terkenal karena mengandung nutrisi yang oleh tubuh bisa dipakai untuk melawan penyakit kanker. Selain itu sayuran yang bentuknya sepertu rambut kribo ini juga punya kandungan serat dan karbohidrat serta kaya dengan vitamin C dan A, karbohidrat, asam folic yang semuanya bagus untuk kesehatan tubuh, termasuk dijadikan sebagai makanan penurun berat badan.

8. Paprika Merah

Warnanya sangat mencolok. Dibandingkan dengan saudaranya yang berwarna hijau, kandungan vitamin A-nya jauh lebih banyak. Demikian pula vitamin C nya dan lycopene yang dikenal bisa membantu mencegah kanker prostat. Sedang rasa pedasnya mampu membuat suhu di dalam tubuh meningkat dan mendorong terjadiknya pembakaran kalori yang lebih sempurna.

Jadi buat yang sedang melakukan diet, jangan takut untuk mengkonsumsi jenis makanan yang telah disebutkan. Masih banyak makanan lain yang bisa juga dipilih untuk dijadikan makanan penurun berat badan yang jitu. Misalnya apel, cabai, yogurt, kacang-kacangan, kelapa, telur dan lain-lain. Selamat mencoba.

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *