Tips Mudah Mengatasi Sakit Flu

5 min read

Mengatasi Sakit Flu

Mengatasi Sakit Flu – Influenza, umumnya dikenal sebagai flu, adalah penyakit virus yang disebabkan karena virus influenza. Karena kesamaan mereka dalam gejala, pilek dan flu sering bingung dengan satu sama lain atau digunakan secara bergantian.

Namun, kedua adalah kondisi yang sama sekali berbeda. Influenza atau flu adalah severer daripada flu biasa. Kadang-kadang, tes darah juga mungkin diperlukan untuk mendiagnosa penyakit ini.

Sakit flu sendiri memang sering melanda ketika musim pancaroba. Selain cuaca yang tak menentu, perubahan musim ini terkadang juga membuat kondisi tubuh tidak fit sehingga mudah terserang penyakit.

Penyebab dan Gejala Flu
Sakit flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernafasan. Virus ini langsung menyerang ketika daya tubuh sedang menurun, terutama pada musim pilek atau hujan. Penyakit flu sangat mudah menular ke orang lain. Penularan tersebut bisa terjadi melalui udara yang telah terkontaminasi oleh virus flu, yang berasal dari bersin maupun batuk penderita flu. Masa inkubasi sakit flu biasanya hanya satu sampai empat hari.

Seperti disebutkan di atas, influenza disebabkan karena virus influenza A, B dan C. Di antara, flu disebabkan oleh tiga jenis virus menimbulkan gejala akut. Di sisi lain, jenis B dan C kurang umum dan juga lebih ringan.

Gejala termasuk sakit kepala, demam tinggi, menggigil, perasaan umum sakit penyakit, kelemahan, kelelahan dan nyeri tubuh. Gejala lain dari flu mirip dengan flu biasa, seperti pilek, sakit tenggorokan dan batuk. Dalam kasus yang parah, jika komplikasi berkembang, gejala seperti delirium dan muntah juga dapat diamati.

Penderita penyakit flu atau pilek biasanya menunjukkan beberapa gejala di bawah ini, antara lain adalah:

• Hidung tersumbat dan sulit bernafas
• Demam atau suhu badan naik, kadang badan juga terasa menggigil
• Sakit kepala dan terasa pusing
• Sakit tenggorokan yang disertai batuk
• Nyeri pada sendi atau sakit otot
• Sering bersin-bersin
• Dehidrasi

Baca Juga  13 Cara Diet yang Baik dan Sehat

Gejala Influenza di Tahap Awal
Gejala yang menunjukkan influenza termasuk demam tinggi khas. Pada orang dewasa demam bisa pergi ke 101 derajat F (38 derajat C) dan pada anak-anak, mungkin berkisar 103-105 derajat F (39,5 derajat C-40,5 derajat C). Ini akan disertai dengan menggigil dan berkeringat, sakit kepala dan batuk kering. Orang yang terkena akan mengalami nyeri otot dan nyeri.

Rasa sakit dapat merasa lebih di belakang, lengan dan kaki. Akan ada kelelahan dan kelemahan yang dapat bertahan hingga dua sampai tiga minggu dan kelelahan ekstrim dapat menemani. Gejala umum flu pada anak-anak, di samping semua ini, adalah diare dan muntah.

Meskipun hidung tersumbat, bersin dan sakit tenggorokan mungkin tidak sama dengan flu, mereka mungkin terjadi dalam beberapa kasus. Sakit kepala, kehilangan nafsu makan, ketidaknyamanan dada, batuk dan seperti yang disebutkan, demam tinggi adalah beberapa gejala yang paling menonjol yang, dalam banyak kasus, menunjukkan perkembangan influenza.

Untuk membantu Anda membedakan antara flu dan pilek, demam, sakit kepala, sakit dan nyeri dan kelelahan ekstrim adalah beberapa gejala yang baik sangat jarang atau sangat ringan di alam, dalam kasus pilek.

Untuk menambah ini, kelelahan akan memperpanjang dalam kasus flu, mungkin cukup ringan dalam kasus pilek. Komplikasi yang mungkin timbul akibat influenza pada anak-anak dan orang dewasa yang rentan termasuk bronkitis, pneumonia, infeksi telinga, sinusitis akut dan encephalitis.

Di antaranya, pneumonia diketahui melakukan kerusakan serius atau berakibat fatal bagi orang tua dan mereka yang sakit atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Lamanya Sakit Flu
Infeksi flu bisa bertahan selama 3-10 hari. Namun, karena durasi dan keparahan kondisi tergantung pada daya tahan tubuh orang sampai batas tertentu, periode yang ditemukan bervariasi dari satu orang ke orang lain. Hal ini ditemukan bahwa flu berlangsung untuk waktu yang lama dalam kasus anak-anak, bayi dan orang tua, karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Baca Juga  Kandungan Gizi Kangkung dan Keistimewaannya

Juga, jika seseorang tidak mengambil obat atau istirahat, flu bisa bertahan untuk waktu yang lama, dan bahkan dapat mengakibatkan komplikasi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan pengobatan segera. Jika gejala yang khas disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, dll, adalah bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter segera.

Tips Menghadapi Sakit Flu
Walaupun sakit flu tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun sakit flu harus cepat diatasi, karena penyakit ini dapat menurunkan kinerja Anda. Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika sakit flu menyerang:

  • Perbanyak minum air putih, karena air sangat berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat banyaknya lendir yang keluar dari hidung. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh yang naik.
  • Hentikan mengkonsumsi es atau makanan sejenisnya yang dapat memicu bertambah parahnya radang tenggorokan.
  • Istirahat di rumah untuk memulihkan kondisi tubuh.
  • Tidur yang cukup, terutama sehabis minum obat flu. Karena obat akan bekerja dengan cepat ketika Anda dalam keadaan istirahat dan tidak banyak melakukan aktivitas.
  • Hirup uap air panas untuk mengurangi hidung yang tersumbat sehingga dapat memperlancar pernafasan.
  • Berkumurlah dengan air garam. Larutan garam dapat membantu meredakan radang pada tenggorokan.
  • Vaksin Flu merupakan salah satu metode yang paling efektif untuk mencegah penyakit ini. Ini tersedia di hampir semua bagian dunia. Ini tidak memiliki efek samping yang serius, dan harus diambil oleh orang-orang usia enam bulan ke atas.
  • Perkuat daya tahan tubuh. Salah satunya dengan makan makanan yang bergizi, terutama yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai kuman penyakit.

Pengobatan Sakit Flu
Perlakuan khas untuk flu terdiri dari istirahat lengkap dan memiliki banyak cairan. Seperti infeksi disebabkan karena virus, antibiotik tidak efektif dalam mengobati itu. Sebagian besar waktu, gejala mereda sendiri, tetapi dokter, resep obat yang membantu dalam mendapatkan bantuan dari gejala seperti demam, sakit kepala dan sakit badan.

Baca Juga  Segudang Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Kadang-kadang, obat anti-virus juga diberikan untuk mengobati flu dengan cepat. Flu adalah yang paling menular selama 3-4 hari sejak saat kontraksi. Menggunakan obat-obatan dapat membantu dalam mengurangi keparahan gejala.

Pengobatan rumah tertentu seperti minum teh jahe, sup ayam, dll, juga membantu dalam mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Meskipun semua metode ini efektif, Anda harus ingat bahwa tidur atau istirahat di tempat tidur lengkap adalah metode terbaik untuk mengobati infeksi virus seperti influenza.

Obat penghilang rasa sakit dan parasetamol dapat digunakan untuk mengobati gejala minor. Dianjurkan untuk mengambil obat hanya setelah berkonsultasi dokter.

Jika menderita pilek atau flu, adalah bijaksana untuk menghindari merokok dan minum alkohol, karena mereka memperburuk gejala. Di sisi lain, bayi, anak-anak dan orang tua harus divaksinasi terhadap flu secara teratur untuk mencegah hal itu. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut tentang vaksinasi flu.

Terakhir, kita harus ingat bahwa flu dapat dicegah dengan menjaga kebersihan yang baik, dan dengan memiliki diet yang seimbang.

Orang harus ingat bahwa influenza sangat menular, dan dapat dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Virus mentransmisikan dari orang yang terkena dengan yang sehat melalui transmisi udara.

Sakit flu ini dapat menyebar jika seseorang datang dalam kontak dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Hal ini juga disarankan untuk tidak menyentuh atau menggunakan artikel pribadi seperti sapu tangan, handuk, sikat gigi, dll, dari orang yang menderita infeksi ini

andy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *